PPL di Jateng News TV: Mahasiswa KPI Dapat Bekal Jadi Jurnalis

Ambarawa – Tujuh mahasiswa PPL di Jateng News TV dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Salatiga meliput acara Expo UMKM Kecamatan Jambu (9/8) yang digelar di Desa Kebondalem, dan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha, S.H, M.H. Tim Liputan Jateng News TV beserta mahasiswa PPL meliput acara Expo UMKM Jambu, dan peresmian tugu alpukat di Dusun Kalibening, Desa Kebondalem, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Kegiatan liputan tersebut dibimbing langsung oleh Nanang Yulianto selaku pamong.

Kegiatan Liputan Expo UMKM dilaksanakan untuk mengenalkan UMKM sekitar dan belajar teknik lobi, wawancara, serta membuat berita bagi mahasiswa PPL Jateng News TV dengan konsentrasi broadcasting, public relation, dan jurnalistik. “Saya merasa senang bisa belajar dan terjun langsung ke lapangan, bisa wawancara dan berfoto bersama Bupati Semarang Bapak Ngesti Nugraha” ujar Nisa salah satu mahasiwa PPL di Jateng News TV, Selasa (09/08/2022).

Dalam kegiatan liputan Expo UMKM tersebut mahasisa PPL bertemu langsung dengan Bupati Kabupaten Semarang yang didampingi Paulus C Wijanarko selaku koordinator wilayah grup ASTRA Semarang  untuk wawancara mengenai Expo UMKM dan produk unggulan Desa Kalibening. Selain itu, mahasiswa PPL juga melaksanakan wawancara langsung dengan Mulyanto selaku Kepala Dusun Kalibening mengenai Kampung Alpukat sebagai Desa Wisata. Mahasiswa PPL Jateng News TV juga belajar menjalin relasi dengan pengusaha UMKM dalam kegiatan tersebut.

Dari liputan tersebut, Tim Jateng News TV dan Mahasiswa PPL mengambil 3 sudut pandang sebagai berita yakni Expo UMKM Pameran Produk Unggulan Dusun Kalibening, Peresmian Tugu Alpukat Kampung Binaan Astra di Dusun Kalibening, dan Desa Wisata Kalibening. Liputan ini adalah salah satu kegiatan PPL mahasiswa KPI di Jateng News TV. Selama dua bulan mahasiswa belajar banyak hal terkait penyiaran. Hal tersebut sangat berguna untuk masa depan mahasiswa sebagai calon jurnalis.