HMPS KPI Menggelar Kegiatan “Workshop Kewirausahaan 2023”

Salatiga-Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMPS-KPI) adakan Workshop kewirausahaan oleh devisi kewirausahaan yang diadakan di ruang seminar lantai 3 gedung Fakultas Dakwah, pada Sabtu (17/06/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta tersebut bertema “Strategi Bisnis Digital Marketing di Era Gen Z” yang diisi oleh pemateri dari pemilih wanabiprint, Ikhsan Naufal Dwilaksana.

Kegiatan tersebut dibuka oleh sekertaris jurusan Fakultas Dakwah, Qurrotu Ayun M. Psi. dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangatlah sangatlah bermanfaat untuk mahasiswa dakwah,

” Workshop kewirausahaan yang di adakan oleh hmps kpi ini, dapat memberikan manfaat yang sangat banyak buat para mahasiswa. Karena apa, besic yang ada di dakwah itu bisa dikembangkan menjadi usaha. Adapun temannya yang sangat penting buat kita para gen Z, jadi tolong didengarkan dengan benar,” ucapnya dalam sambutan.

Azmi, selaku ketua panitia menyampaikan sambutannya berupa harapan untuk para peserta dapat mempelajari lebih tentang strategi bisnis dalam kegiatan tersebut,

“Harapan saya setelah teman-teman mengikuti kegiatan workshop kewirausahaan, dapat menumbuhkan rasa semangat dan menjalankan strategi bisnis yang di dapat melalui acara workshop ini,” ujar Azmi dalam sambutan yang turut membuka kegiatan tersebut.

Dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh Ikhsan Naufal Dwilaksana atau yang akrab disapa kang Ikhsan, ia menyampaikan kiat-kiat menuju untuk sukses seperti yang telah ia terapkan,

“Kunci sukses itu, kalo kalian bisa menerapkan 5 hal ini, yaitu merdeka spiritual, jadi hubungan kalian ke tuhan haruslah baik. Kedua Intelektual yang baik, seorang muslim harus dong memiliki pemikiran yang baik. Yang ke tiga merdeka sosial, maksudnya kalian bisa bermanfaat untuk sekitar. Yang terakhir adalah Finansia, kalo tiga aspek itu sudah, maka keseluruhannya akan ngikut ke poin yang terakhir,” ujar kang Ikhsan.

Ia juga menambahkan, bahwa mind set seseorang memengaruhi pola tindakannya untuk melangkah lebih jauh,

“Jadi kalo mind set nya pedagang, kita cuma mikirin gimana cara kita bisa jualan buat besok. Tapi kalo kita punya pikiran kayak pengusaha maka kita bakal berfikiran untuk waktu kedepannya yang lebih lama,” pungkasnya.